Support Layanan 24 Jam 082135252951 senimebel@yahoo.com 085211515151

DAMPAK MEBEL JATI YANG TIDAK KERING ATAU TIDAK DI OVEN

Senin, Oktober 17th 2016.

DAMPAK MEBEL  JATI YANG TIDAK KERING ATAU TIDAK DI OVEN

Kali ini kami akan membahas bagaimana jika kekeringan pada kayu yang tidak maksimal.

Pada umumnya para pembeli  atau pemesan masih awam dan mungkin belum tahu bagaimana cara untuk mendapatkan sebuah produk mebel jepara yang berkualitas dan  yang baik.  Biasa para pembeli pada umumnya untuk memesan atau membeli produk mebel jati  ini akan melihat dari segi penampilan atau bentuk desain yang memikat, hal ini tentunya masih banyak dilakukan oleh para pemesan atau pembeli produk furniture jepara.

Padahal kekeringan sebuah papan kayu ini yang jadi faktor utama dan sebuah prioritas untuk menentukan sebuah kualitas produk atau barang mebel jepara, hal ini banyak tidak disadari oleh para pemesan atau pembeli karena yang dipentingkan adalah dia mendapatkan barang yang instan atau cepat sedangkan para pengrajin jepara untuk memenuhi kebutahan pesanan yang di berikan waktu yang singkat atau cepat maka kualitas yang dihasilkan oleh para pembuat mebel jati jepara sudah tidak memenuhi syarat atau standart kualitas export yang tentunya kualitasnya jauh dibawah rata rata.

Cara pembutan produk mebel yang siap saji ini bisa mengakibatkan buruknya penilaian atau dampak yang buruk untuk generasi yang akan datang karena para pengajin industri jepara ini sudah berupaya memberikan produk yang terbaik dan berkualitas namun hal ini para pemesan atau pembeli tidak memikirkan dan menyadari pentingnya hasil atau kualitas barang yang sempurna akan tetapi mereka lebih cenderung mengupayakan hasil yang cepat.

Hal ini sangat berdampak buruk sekali karena jepara adalah kota pengahasil kerajinan sentra ukir mebel yang sudah terkenal sejak zaman dahulu bahkan sampai ke manca negara.

Padahal para pengrajin atau pembuat mebel jati zaman dahulu selalu mengutamakan kualitas produk atau barang yang mereka buat bahkan mereka berlomba lomba untuk membuat produk mebel jepara yang  sangat berkualitas tentunya.

 

produksi-mebel-yang-modern

Di zaman dahulu tentunya cara produksi atau pembuatan sebuah produk furniture jepara  tidak se canggih atau modern seperti zaman sekarang namun di era yang super canggih ini semua alat atau mesin sudah lebih baik daripada zaman duhulu harusnya  untuk kualitas yang dihasilkan dalam pembutan sebuah produk mebel jati jepara harus lebih baik daripada zaman dahulu namun hal ini terpaku hanya kecepatan produksi saja dan sistem kontruksi yang makin asal asalan untuk mengejar target atau hasil yang lebih banyak tentunya. Hal ini tentunya akan merugikan pasar perdagangan mebel jepara yang akan datang akan melemah.

DAMPAK MEBEL  JATI YANG TIDAK KERING ATAU TIDAK DI OVEN ini akan mengakibatkan kerugian besar bagi pembeli atau pemesan sebagai berikut:
Kayu yang tidak keringan akan mengakibatkan produk barang yang dipesan akan mudah pecah, hal ini dikarena kan kadar air didalam kayu tidak bisa keluar secara maksimal tentunya kayu tersebut akan mudah bergerak atau melengkung bahkan kayu tersebut bisa menyusut ukuranya.

 

Kayu yang tidak kering secara maksimal akan hanya bertahan 3 bulan dan sampai 1 tahun saja karena  produk yang dibeli tidak akan awet seperti produk mebel yang berkualitas tentunya.

 

Hasil kayu yang tidak kering secara maksimal kan mengakibat warna finshing akan mudah pudar atau kusam tentunya hal ini dikarenakan kadar air yang didalam masih banyak.

 

Kerugian besar bagi anda yang memesan produk mebel jepara secara online yang meminta para pengrajin untuk membuat barang  pesanan yang secara cepat. Hal ini sangat merugikan anda tentunya,  karena proses untuk mendapatkan hasil dan kualitas mebel jati jepara ditentukan oleh waktu pengeringannya agar kayu tidak mudah bergerak atau menyusut dan tidak mudah pecah.

Dari syarat syarat diatas adalah untuk menentukan sebuah hasil produk furniture jati jepara yang berkualitas.

Buat anda yang akan memesan sebuah produk kerajinan industri jepara maka anda harus meperhatikan kualitas kayu yang bagus dan kualitas kekeringan kayu maksimal dan jangan terpaku dengan harga mebel murah namun angan angan anda bisa mendapatkan produk mebel jepara yang berkualitas karena hal ini sangat mustahil. Pada dasarnya untuk proses pengeringkan sebuah papan kayu prosesnya sangat merepotkan dan memakan waktu yang lumayan lama.

Untuk proses pengovenan yang baik adalah sebagai berikut:

papan-kayu-yang-akan-dioven

Kayu yang akan dioven akan dibuang kulit atau pinggiran kulit terlebih dahulu karena fungsinya air didalam kayu dapat lebih cepat atau mudah keluar dan turun saat dilakukan pengovenan dan jika kulit kayu tidak buang maka kayu saat dioven sudah mencapai kekeringan yang maksimal maka kulit kayu  terrsebut akan mudah mengelupas dengan sendirinya dan hal ini dapat mengakibatkan kebakaran kayu di oven.

 

Jika kayu sudah dikelupas kulitnya maka para pengrajin biasanya menata papan papan kayu tersebut menggunakan stik atau pengganjal papan agar saat papan kayu yang di oven udara panas yang dihasilkan akan bisa merata dan menyeluruh kesemua bagian papan.

Untuk proses berikutnya maka para pengrajin mebel jepara akan menyiapkan kayu bakar yang banyak untuk disiapkan kedalam tumpu pembakaran oven.

Dalam pembakaran ini bisa mencapai waktu selama 10 hari non stop 24 jam api untuk pengovenan tidak boleh berkurang untuk suhu panasnya yaitu sekitar 70-80 derajat

Jika hal ini dilakukan dalam jumlah kayu yang akan di oven sedikit tentunya para pengrajin mebel jati akan rugi, Karena biasanya para pengrajin di jepara dalam 1 proses pengovenan kayu yang akan di oven kurang lebih sekitar 5 – 10 kubik

Dalam semua cara proses dari pembuangan kulit, penataan papan kayu, pembakaran kayu pada tumpu oven selama 10 hari 24 jam non stop maka yang akan dilkeluarkan untuk biaya pengovenan sebuah papan kayu lumayan besar tentunya.

Dari hasil semua uraian kami diatas apakah anda bisa menyimpulkan sebuah produk mebel jati yang berkualitas bisa dipesan secara instan?????

Cukup anda saja yang bisa menjawab nya sendiri…

Summary
DAMPAK MEBEL  JATI YANG TIDAK KERING ATAU TIDAK DI OVEN
Article Name
DAMPAK MEBEL JATI YANG TIDAK KERING ATAU TIDAK DI OVEN
Description
Kayu yang tidak kering secara maksimal akan hanya bertahan 3 bulan dan sampai 1 tahun saja karena produk yang dibeli tidak akan awet seperti produk mebel yang berkualitas tentunya.
Author
Publisher Name
Blog
Publisher Logo
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

owner

SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI BAWAH INI

REKENING BANK

Seputar Furniture Jepara

Info_UpToDate
Info_UpToDate

Info_UpToDate

Info_UpToDate