Support Layanan 24 Jam 082135252951 senimebel@yahoo.com 085211515151

GEBYOK UKIR JATI

Rabu, Januari 11th 2017.

Gebyok adalah simbol kekayaan di kudus dan gebyok banyak dipakai di rumah Kudus dan menjadi simbol kekayaan pemiliknya. Gebyok ukir jati sudah juga berkembang pada masa pemerintahan Ratu Kalinyamat sebagai rumah kayu yang dipenuhi oleh kerajinan ukir pada seluruh komponen kayu. Gebyok diciptakan untuk meraih tujan kesenian, kejayaan dan kemewahan atau gebyok adalah sebagai rumah yang layak.

Kemewahan Rumah Geyok Ukir Jati ini terletak pada bagian Tiang yang sering disebut juga pilar, atau orang Jawa sering menyebutnya dengan “cagak” ternyata tak hanya dipergunakan sebagai penyangga bangunan saja namun nilai karya seni ukiran gebyok terletak pada bagian tiang atau joglo.

Joglo memiliki bagian-bagian ruangan sesuai dengan fungsinya dan Pada dasarnya Joglo adalah empat pokok tiang di tengah yang disebut saka guru dan menggunakan blandar bersusun yang disebut tumpangsari. Pada tumpang sari ini lah motif ukiran khas jawa di aplikasikan sehingga nilai karya seni yang terdapat pada rumah adat jawa tengah ini. Pada tampilan bagian depan rumah adat jawa sering di aplikasikan dengan gebyok yang bertujuan untuk memberikan penampilan yang khas kepada sang pemilik rumah dengan arti kemampuan yang lebih yang dimiliki pemilik rumah.

Untuk membuat gebyok ukir jati pada zaman dahulu di kerjakan oleh para pemahat atau pengukir tradisional yang dimana proses pengerjaanya dikerjakan secara manual. Namun dengan kemajuan zaman hingga sekarang nilai kesenian warisan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita dan di teruskan oleh para pembuat mebel jepara meneruskan warisan adat dan budaya yaitu gebyok ukir jati jepara yang kini sudah di produksi di beberapa daerah di tanah jawa yaitu di daerah kota kudus dan jepara.

Di daerah ini geyok ukir jawa ini banyak di buat oleh pengrajin di dareah kudus dan jepara namun nilai seni yang di tuangkan kedalam gebyok jati ini tidak merubah desain motif ukiran khas jawa karena akan mengurangi nilai karya seni yang di ciptakan dan untuk membuat gebyok khas jawa tengah ini para pembuat atau produsen menggunakan jenis bahan atau meterial kayu jati A kualitas super karena jika para produsen membuat dengan jenis material kayu jati muda tentunya sangat berisko seperti kayu melengkung dan mudah pecah dan akan mengurangi nilai seni jual gebyok ukir jati yang di buat.

Untuk memperoleh atau mendapatkan gebyok ukir jati murah anda cukup langsung mengunjungi kota ukir jepara karena di sinilah pusat gebyok ukir jati jawa di buat oleh banyak pengrajin di jepara. Tentu harga yang ditawarkan untuk sebuah gebyok ukir di jepara relatif murah karena para pengrajin untuk memeberikan harga kepada konsumen akan dihitung dari jenis material bahan baku kayu dan tingkat kerumitan ukiran yang di buat.

Semoga ulasan kami tentang Ukiran gebyok Jati Jepara sangat Berguna untuk anda semua.

 

 

 

 

 

Summary
GEBYOK UKIR JATI
Article Name
GEBYOK UKIR JATI
Description
Untuk membuat gebyok ukir jati pada zaman dahulu di kerjakan oleh para pemahat atau pengukir tradisional yang dimana proses pengerjaanya dikerjakan secara manual.
Author
Publisher Name
Blog
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

owner

SILAHKAN HUBUNGI KAMI
REKENING BANK

Seputar Furniture Jepara

Info_UpToDate
Info_UpToDate

Info_UpToDate